Apa itu JAVA ?

 



Melihat gambar di atas mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan logo tersebut, ya itu adalah gambar dari JAVA, yang saya maksud JAVA di sini adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer anda bisa mengecek peringkatnya disini

PENGERTIAN 
JAVA yang diciptakan oleh Sun Microsystems adalah bahasa pemrograman untuk menambahkan animasi atau aksi lainnya pada suatu website. Bahasa pemrograman ini di rancang untuk mudah di gunakan, dan juga dapat berjalan di mana saja. 

JAVA adalah bahasa berrah obyek, mirip seperti dengan C++, tetapi lebih disederhanakan untuk mengurangi fitur bahasa yang sering menyebabkan kesalahan pemrograman. Karena menggunakan OOP (Object Oriented Programing) yang dapat memungkinkan programmer untuk memodelkan konsep dunia nyata dan menuangkannya ke dalam program yang di buat. 

SEJARAH 

Bahasa pemrogaraman JAVA di kembangkan oleh perusahaan yang bernama Sun Microsystems oleh James Gosling, Mike Sheridan, Patrick Naughton pada tahun 1990-an. 

Berawal dari sebuah project yang ada dalam perusahaan yaitu stealth Project, di dalam proyek mengembangkan teknologi perangkat lunak untuk memungkinkan mesin-mesin elektronik yang dihasilkan oleh Sun Microsystems dapat terhubung ke jaringan dengan cara yang lebih aman dan efisien. Proyek ini di antaranya di isi dari ke-3 orang di atas dengan James Gosling sebagai pemimpinnya. Namun, karena makin gencarnya teknologi internet menyebabkan perubahan tujuan arah proyek menjadi untuk fokus pada pengembangan teknologi perangkat lunak untuk Internet.

Dan karena perubahan ini menyebabkan juga perubahan nama pada nama proyek yeng di jalankan menjadi "Green Project". Nama ini dipilih karena mereka menganggap bahwa pengembangan teknologi perangkat lunak untuk Internet harus dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan. Selain itu, nama "Green Project" juga merefleksikan keinginan mereka untuk menciptakan teknologi yang ramah pengguna dan mudah diakses oleh siapa saja.

Akhirnya hasil dari proyek hijau ini mengahasilkan sebuah bahasa pemrograman yang lebih fleksibel dari bahasa sebelumnya yaitu C dan C++. Setelah beberapa eksperimen yang mereka lakukan pada bahasa yang mereka buat, mereka mampu dapat membuat seperti website, browser dan lainnya dengan bahasa mereka sendiri. 

Akhirnya pada tahun 1995 Sun Microsystems meluncurkan bahasa pemrogaraman dengan nama JAVA ke public dengan versi nya "JAVA 1.0." Nama JAVA ini di ambil karena ada salah satu orang di dalam tim yang menyukai kopi dari "JAVA" dan mengaggap nama itu keren, mudah di ingat dan mempunyai kesan yang positif. Tetapi sebelum memilih nama JAVA mereka sudah berencana menggunakan nama "Oak" tetapi karena namanya telah dipakai oleh sebuah perusahaan teknologi lain, maka nama "Oak" pun diganti.


FUNGSI
JAVA di sini merupakan bahasa yang sangat fleksibel di berbagai platfirm mulai dari desktop, android maupun mesin karena dalam JAVA file java tadi di kompile dan di jadikan sebuah file biner dan biner ini digunakan di semua alat elektronik untuk bekerja. Fungsi-Fungsi :
  • Pengembangan Aplikasi. Dengan JAVA anda mengembangkan berbagai aplikasi dan dapat di jalankan di berbagai OS.
  • Aplikasi web: Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, baik itu aplikasi yang berjalan pada server maupun aplikasi yang berjalan pada sisi klien (client-side). Java memiliki beberapa teknologi terkait aplikasi web seperti JavaServer Pages (JSP), JavaServer Faces (JSF), dan Java Servlet.
  • Big data: Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk mengelola dan menganalisis data besar. Java memiliki teknologi terkait big data seperti Apache Hadoop, Apache Spark, dan Apache Storm.
  • Enterprise: Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi bisnis yang besar dan kompleks, seperti aplikasi perbankan, manajemen stok, dan sebagainya. Java memiliki beberapa teknologi terkait bisnis seperti Java Enterprise Edition (Java EE), Java Persistence API (JPA), dan sebagainya. 
  • Dan lainnya.

KOMPONEN PENTING
Berikut merupakan komponen komponen yang harus anda persiapkan atau anda ketahui untuk menjalankan sebuah JAVA di perangkat anda :

  • JVM (Java Virtual Machine), Adalah sebuah merupakan sebuah mesin virtual untuk menjalankan kode kompilasi dari java yaitu bytecode. JVM menerjemahkan bytecode tersebut menjadi instruksi mesin yang dapat dijalankan pada sistem operasi target.
  • JDK (Java Development Kit), Adalah alat dan komponen yang diperlukan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi Java. Jika Anda ingin melakukan development aplikasi java Anda bisa menggunakan JDK, di dalam JDK terdapat compiler, JAVA API, JAVA FX, dan biasanya juga terdapat JRE.
  • JRE (Java Runtime Environment), adalah komponen yang berfungsi untuk menjalankan eksekusi-eksekusi dari program java.

CARA KERJA

  1. Anda membuat sebuah program di dalam text editor atau IDE yang anda punya, di perangkat anda dengan nama ektensinya .java
  2. Program yang sudah anda ketikkan akan di compile oleh JDK menjadi Bytecode/ binery file, hasil dari compile tersebut akan merubah ekstensinya menjadi .class
  3. Lalu untuk menjalankan file binary .class, di sini yang bertugas adalah JRE. JRE akan menjalankan file .class 

KELEBIHAN & KEKURANGAN 
 Kelebihan Java:
  1. Multi-platform: Java dapat dijalankan pada berbagai platform dan arsitektur sistem seperti Windows, Linux, dan MacOS, sehingga membuatnya fleksibel dan mudah digunakan di berbagai platform.
  2. Keamanan: Java memiliki sistem keamanan yang kuat dan ketat. Hal ini dapat dilihat dari adanya mekanisme keamanan sandbox yang memungkinkan aplikasi Java dijalankan di lingkungan yang aman dan terisolasi dari sistem host.
  3. Mudah dipelajari: Bahasa pemrograman Java relatif mudah dipelajari, terutama bagi programmer pemula yang ingin belajar tentang pemrograman berorientasi objek.
  4. Banyak pustaka kelas: Java menyediakan banyak pustaka kelas yang siap digunakan, seperti pustaka kelas untuk GUI, pengolahan file, pengolahan gambar, jaringan, dan masih banyak lagi.
  5. Performa: Meskipun Java dikenal sebagai bahasa pemrograman yang lambat, tetapi seiring berkembangnya teknologi dan kompiler yang semakin baik, performa Java sudah semakin meningkat.
  6. Pemeliharaan yang mudah: Kode Java dapat dipelihara dengan mudah karena strukturnya yang jelas dan mudah dipahami.
  7. Dukungan komunitas: Java memiliki dukungan komunitas yang besar dan aktif, sehingga mudah untuk mencari bantuan dan solusi jika diperlukan.

Kekurangan Java:

  1. Performa: Meskipun performa Java telah meningkat, tetapi masih ada beberapa bahasa pemrograman lain yang lebih cepat dalam pengolahan data tertentu.
  2. Memakan sumber daya: Java membutuhkan sumber daya yang cukup besar untuk menjalankan aplikasi, terutama pada saat memuat JVM.
  3. Kesulitan pada pengembangan aplikasi real-time: Java belum terlalu cocok untuk pengembangan aplikasi real-time yang membutuhkan waktu respon yang sangat cepat.
  4. Memiliki kesulitan pada akses perangkat keras: Java memiliki beberapa keterbatasan dalam mengakses perangkat keras dan beberapa fitur dari sistem operasi.
  5. Lebih kompleks dari bahasa pemrograman lain: Java memiliki beberapa konsep dan prinsip dasar yang relatif kompleks, sehingga mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk mempelajarinya.
  6. Ukuran aplikasi yang besar: Ukuran aplikasi Java cenderung lebih besar daripada bahasa pemrograman lain seperti C++, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk memuat aplikasi.
  7. Kompatibilitas versi: Beberapa perubahan dalam pembaruan versi Java dapat mengakibatkan ketidakcocokan pada aplikasi yang telah dibuat pada versi sebelumnya



once write, run anywhere

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN KOMPUTER

Apa itu RestFul API ?

Apa itu "Record" dalam database ?