Apa itu "Record" dalam database ?


Record atau baris dalam sebuah database adalah sekumpulan informasi yang terdiri dari beberapa field yang setiapnya menyimpan sebuah item informasi. Setiap satu record terdiri dari beberapa field yang mempresentasikan seperti nama, umur, atau lainnya tergantung dari tipe data dan field yang di setting.

Record dalam database dapat diakses, dimodifikasi, dan dihapus menggunakan query atau perintah SQL. Contoh perintahnya adalah seperti UPDATE :



Dengan perintah UPDATE anda dapat memodifikasi query seperti mengganti isi sebuah query, menghapusnya, dan lainnya. 


Nah, yang di dalam kotak merah di atas merupakan sebuah query. Untuk mengelola sebuah query sama seperti mengelola sebuah tabel pada database anda harus menggunakan bahasa SQL. Setiap record juga mempunyai sebuah Primary Key atau sebuah data yang membedakannya dengan field yang lain, Dengan adanya sebuah primary key dapat meminimalisir terjadinnya data yang duplikat. Misal ketika anda ingin mengubah suatu query anda bisa menjadikan id yang merupakan primary key sebagai patokan untuk mengubahnya. Karena bila ada dua atau lebih data yang sama ketika anda mengupdate sebuah tabel, maka tabek yang lainnya juga akan berubah. Contoh :



Di sini kita akan menghapus sebuah query dengan patokan yaitu nama = beras, nah bila ada 2 atau lebih yang mempunyai nama = beras pada sebuah tabel maka datanya juga akan hilang. Makak anda harus berhati hati ketika ingin memanipulasi sebuah query.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN KOMPUTER

Apa itu RestFul API ?