Apa itu relasi dalam database ?

 RELASI


Relasi database atau disebut juga hubungan database adalah konsep dalam database yang menggambarkan bagaimana tabel dalam database terkait satu sama lain melalui kunci (key). Dalam hubungan database, tabel yang terkait disebut sebagai "entitas" dan kunci-kunci yang digunakan untuk menghubungkan tabel disebut sebagai "kunci hubungan" (Forgein Key dan Primary Key).

Relasi database mempunyai beberapa jenis, yaitu:

  • One-to-one (1:1)= Satu baris data dalam satu tabel terhubung dengan satu baris data dalam tabel lain.
  • One-to-many (1:N)= Satu baris data dalam satu tabel terhubung dengan banyak baris data dalam tabel lain.
  • Many-to-one (N:1)=Banyak baris data dalam satu tabel terhubung dengan satu baris data dalam tabel lain.
  • Many-to-many (N:N)= Banyak baris data dalam satu tabel terhubung dengan banyak baris data dalam tabel lain.
Manfaat penggunaan relasi dalam database :

  • Mengurangi Redundansi Data: Dengan menggunakan relasi, data dapat disimpan hanya dalam satu tabel, dan tabel lain dapat mengambil data dari tabel induk tersebut. Hal ini dapat mengurangi redundansi data dan menghemat ruang penyimpanan.
  • Meningkatkan Integritas Data: Relasi dapat memastikan bahwa data dalam satu tabel berkaitan erat dengan data dalam tabel lain. Ini memastikan bahwa data dalam database saling terkait dan memastikan integritas data yang lebih baik.
  • Mempermudah Query: Dengan relasi, database dapat dibagi menjadi tabel yang lebih kecil dan lebih mudah dimengerti. Ini mempermudah proses query dan memungkinkan pengguna untuk mengambil data yang diinginkan dengan lebih cepat dan mudah.
  • Meningkatkan Keamanan Data: Penggunaan relasi dalam database memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke data tertentu hanya kepada pengguna tertentu. Ini memastikan keamanan data dan mencegah pengguna yang tidak berwenang untuk mengakses data yang sensitif.


Contoh penggunaan relasi :

Perhatikan gambar tabel diatas ini!
Dalam sebuah table penjualan terdapat sebuah primary key dengan kolom data bernama "id_penjualan", Tabel detai_penjualan akan terhubung melalui kode key yang ada dalam kolom "id_penjualan" . Lalu dalam tabel detail_penjualan juga terdapat forgein key dengan nama "id_barang" yang akan tersambung langsung ke dalam tabel barang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN KOMPUTER

Apa itu RestFul API ?

Apa itu "Record" dalam database ?